Menemukan ide bisnis yang inovatif

Cara termudah untuk menemukan ide bisnis

Padahal, tidak sulit menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Hal paling mendasar yang perlu dilakukan adalah membaca kondisi lingkungan tempat usaha akan dijalankan. Pada prinsipnya, perusahaan yang telah muncul untuk memecahkan masalah yang ada. Misalnya, karena sebagian besar mahasiswa tidak lagi memiliki waktu untuk memasak dan menyiapkan makanan sendiri, bisnis memasak bisa dijadikan peluang yang cocok, akhrinya banyak orang berjualan kuliner bermunculan di kawasan pemukiman siswa.

ide bisnis
ide bisnis online pebisnis

Oleh karena itu, semakin cermat kita memahami situasinya, semakin mudah kita menemukan apa yang terjadi. Pada ada saatnya, akan mudah memunculkan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Jadi, apa yang akan terjadi disekitar tempat tinggal Anda? Apa ide Anda untuk memecahkan masalah ini? Jika dua pertanyaan di atas telah dijawab dengan baik, yakinlah bahwa ide Anda adalah cikal bakal perusahaan!

Ide Bisnis dan Usaha yang Inovatif

Milan Kundera, novelis paling terkenal di Republik Ceko, menunjukkan bahwa perusahaan hanya memiliki dua fungsi: inovasi dan pemasaran.

Inovasi adalah setiap ide, proyek, peristiwa, metode yang dirasakan atau dilihat oleh seseorang atau sekelompok orang (masyarakat) sebagai hal baru, baik itu hasil penemuan atau diskon. Terkadang, inovasi dianggap kreatif. Dalam dunia bisnis, inovasi dapat diartikan sebagai penemuan baru yang berbeda dengan inovasi yang sudah ada atau yang sudah diketahui sebelumnya dan bertujuan untuk menginisialisasi atau meningkatkan suatu produk, proses, atau jasa. Oleh karena itu, agar bisa menemukan bisnis atau ide bisnis yang inovatif, minimal 5 sumber inspirasi bisa dijadikan referensi di bawah ini.

  1. Tren disekitar sosial, lingkungan, dan lingkungan
  2. Permasalhan calon pembeli dan kontaknya
  3. Masalah anda sendiri
  4. Kesuksesan replikasi, adaptasi, dan peningkatan atau ATM
  5. Pengembangan terkait dengan penelitian

Metode 1 (riset produk dan bisnis)

Riset produk harus dilakukan untuk memastikan bahwa produk atau bisnis yang kita luncurkan akan mendapat tempat di pasar. Dengan bantuan kemampuan browsing media Internet, sekarang mudah untuk melakukan penelitian untuk menemukan produk atau ide bisnis yang inovatif.

riset produk
riset produk

Anda hanya perlu mengetikkan beberapa kata kunci yang berhubungan dengan ide tersebut di benak Anda, lalu tekan Enter, maka akan muncul berbagai produk atau kata kunci yang serupa terkait dengan ide bisnis Anda. Oleh karena itu, melalui pencarian ini, Anda dapat dengan mudah menggabungkan beberapa produk atau bisnis yang ada dan kemudian menyusunnya kembali menjadi bisnis baru yang inovatif. Internet juga dapat digunakan untuk menentukan apakah suatu ide bisnis benar-benar orisinal dan tidak ada di tempat lain.

Metode 2 (contoh pebisnis yang sukses dibidangnya)

Bisnis yang sukses dan mapan memiliki banyak keuntungan. Dengan memahami kelebihannya, Anda juga bisa mulai membangun bisnis baru yang mirip dengan bisnis aslinya namun memiliki beberapa nilai tambah. Konsep sederhananya adalah ATM-amati, tiru dan modifikasi. Oleh karena itu, kemanapun Anda pergi, setiap orang yang Anda temui dapat menjadi ide bisnis yang Anda tiru secara kreatif.

Oleh karena itu, sebenarnya tidak sulit untuk mencari ide bisnis. Ujian yang sulit biasanya terjadi pada tahap bagaimana menjalankan bisnis agar berhasil dan mapan. Maka dari itu, pada tahap ini, pernahkah Anda memikirkan bagaimana meniru bisnis yang sudah ada lalu mengganti brand dengan nama yang Anda suka dan memberikan “nilai tambah” pada bisnis tersebut?

Klik disini untuk melanjutkan

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *