Masih Pemula Dalam Menikmati Kopi?

Pengetahuan Dasar Kopi

Saat ini, dunia kopi berkembang pesat. Mereka yang awalnya menikmati kopi instan danĀ  kopi seduh di rumah kini telah pindah dari kedai kopi instan ke kedai dan mencicipi berbagai kopi dari mesin espresso. Kabar baiknya adalah banyak pemula yang menyukai kopi.

Minuman kopi
Minuman kopi rakyat

Yang dulunya mungkin hanya mampu menikmati frappe dan kopi-kopi bercampur gula dan krim kini bergeser menikmati cappuccino tanpa gula. Seiring dengan perkembangannya, banyak dari pemula yang belum tahu beberapa hal tentang kopi yang mereka nikmati. Dan untuk itu artikel ini dipersembahkan dengan senang hati untuk mereka agar tak lagi keliru soal fakta tentang kopi.

Kopi itu pahit?

Bagi kebanyakan orang Indonesia, kopi pasti hitam dan pahit. Meski seharusnya tidak. Robusta yang dipanggang dalam gelap pasti akan memberikan rasa pahit yang luar biasa. Rasa hitam dan pahit kopi berasal dari proses pemanggangan. Semakin lama biji kopi disangrai, semakin pahit dan gelap kopinya. Proses pemanggangan terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu terang, sedang dan gelap. Kopi sebaiknya tidak disangrai terlalu dalam, karena akan menghilangkan ciri khas biji kopi.

Arabika dan Robusta

arabika biji
arabika biji

Kopi arabika dan kopi robusta adalah dua jenis kopi yang berbeda. Kandungan kafein pada kopi Arab lebih rendah dari pada kopi Robusta. Kopi arabika merupakan kopi yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Robusta lebih murah dari kopi Arab, meski rasanya lebih pahit. Kopi yang banyak dijual di pasaran adalah kopi Robusta, yang mungkin karena harganya yang lebih ekonomis.

Pahitnya kopi

Kopi itu manis dan buah. Jadi mengapa kopi pahit? Rasa pahit kopi disebabkan oleh proses pemanggangan, meskipun sebagian rasa pahit berasal dari ciri-ciri biji kopi. Selain itu, ada alasan lain yang mendukung pahitnya kopi yaitu suhu dan kehalusannya. Semakin tinggi suhu air yang digunakan untuk menyeduh kopi, semakin pahit kopinya. Semakin halus bubuk kopinya, semakin pahit kopinya. Semudah itu.

Perjalanan kopi sebelum disajikan

Sebelum menikmati kopi, ada perjalanan kopi masih panjang. Awalnya, kopi ditanam oleh petani. Petani memetik buah kopi saat panen, kemudian memisahkan bijinya dari buahnya.

Berikut adalah tahapannya
  1. Pada tahap ini dilakukan berbagai proses yaitu metode basah, metode madu, dll lalu
  2. Setelah memisahkan biji kopi dan buahnya, biji kopi yang belum diolah harus dijemur beberapa saat hingga kelembapannya mencapai tingkat yang telah ditentukan.
  3. Kacang hijau dijual ke pemanggang atau perusahaan yang mengolah kacang hijaunya sendiri.
  4. Biji kacang hijau dapat disangrai (disangrai) sesuai dengan keinginan atau karakteristik biji kopi mesin sangrai dan tidak semua biji dapat disangrai dengan warna sedang atau gelap, karena setiap jenis biji memiliki ciri khas masing-masing
  5. setelah disangrai, biji kopi tersebut bisa diolah menjadi minuman oleh barista, tetapi pertama-tama itu harus digiling sesuai dengan persyaratan,
  6. Setelah digiling bubuk kopi bisa dibuat menjadi berbagai minuman yang enak.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *