Kuliner khas thailand

Asal usul thaitea

Pada awalnya teh terbilang sulit ditemukan di Thailand namun setelah tumbuhan teh masuk sekitar tahun 1970-1980 industri teh mulai bermunculan. Bibit tanaman teh diperoleh dari China untuk mengganti tanaman opium/ganja yang sebelumnya banyak ditanam oleh masyaraka Khususnya kuliner khas Thailand.

kebun teh
kebun teh

Teh tersebut bernama cha yen yang merupakan teh hitam atau black tea. Karena harganya yang mahal, cha yen kemudian digantikan dengan seduhan teh ceylon, teh hitam beraroma sangat pekat yang berasal dari Sri Lanka. Pemilihan teh tidak dilakukan secara asal karena seduhan teh tersebut haruslah memiliki aroma yang tajam dan rasa teh hitam yang sangat kuat. Maka dari itu, ceylon yang terpilih sebagai pengganti cha yen.

Selain seduhan teh hitam, thai tea diberi tambahan gula, sweetened condensed milk atau susu kental manis, evaporated milk yang bisa juga digantikan dengan coconut milk atau yang sering kita sebut dengan santan, rempah seperti biji asam dan bunga lawang. Namun tidak semua penjaja thai tea menambahkan rempah dalam racikannya. Rasanya sendiri manis dan pekat serta ada rasa khas yang dihasilkan dari tambahan rempah. Minuman ini berwarna coklat agak merah bata.

Warna tersebut bukanlah warna asli dari seduhan teh hitam melainkan ada tambahan pewarna makanan dalam proses pengolahan daun teh. Selain menyegarkan ternyata thai tea bermanfaat sebagai antioxidant karena teh hitam memiliki kandungan vitamin C dan E.

Daun teh hitam kemasan yang sering digunakan di Thailand adalah Cha Dra Muer ( ) atau juga biasa disebut Number One Brand. Sedangkan untuk susu kental manis dan evaporated milk, merk yang paling populer dan sering digunakan adalah merk Carnation. Cara pembuatan Thai tea ini terbilang mudah, berikut bahan dan cara pembuatan Thai tea.

  1. Bahan (Untuk satu gelas thai tea)

– 2 sendok teh daun teh hitam

– 2 sendok teh susu kental manis

– 2 sendok teh gula

– 2 sendok teh evaporated milk

– Biji asam dan bunga lawang secukupnya

– 1 cup air

  1. Cara Memasak

– Didihkan air

– Setelah mendidih tambahkan daun teh hitam, biji asam, dan bunga lawang, diamkan selama 3 menit (jika ingin aroma dan rasa yang lebih pekat maka waktu penyeduhan bisa ditambah)

– Saring teh dan rempah ke gelas yang berbeda, tambahkan susu kental manis, gula, evaporated milk lalu aduk

– Tambahkan es dan evaporated milk diatas sajian teh.

Thailand yaitu thai tea karena keunikan dan sensasi cita rasa yang dimiliki. Selain itu fenomena kepopuleran thai tea yang juga terjadi di Indonesia dengan munculnya banyak sekali stall thai tea. Pemilihan negara Thailand juga mengacu pada regulation, culture, behavior, dan lifestyle.

Ada banyak kuliner khas Thailand yang memiliki rasa yang lezat, unik dan populer diberbagai negara, namun penulis akhirnya memilih thai tea sebagai objek penelitian. Untuk makanan khas memang ada banyak macam yang biasanya dicari oleh wisatawan seperti tom yum, mango sticky rice dan pad thai. Namun untuk minuman khas, Thai tea ini adalah minuman khas paling populer yang paling dicari wisatawan. Wisatawan ingin mencoba cita rasa Thai tea yang asli karena ingin membandingkan dengan yang mereka minum ditempat asal mereka.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *