Ide kreatif dalam berbisnis

Metode lanjutan ide kreatif

METODE 3 (inspirasi dari masalah personal)

Terkadang, masalah yang kita alami secara pribadi bisa menjadi ide bisnis yang brilian. Ambil contoh munculnya ide layanan ojek berbasis aplikasi Go-Jek.

Sang Founder Nadiem Makarim pernah mengatakan bahwa ide Go-Jek sebenarnya muncul lantaran ia sering mendapati ojek langganannya nongkrong begitu lama hanya untuk menunggu calon penumpang.

Terinspirasi oleh masalah itulah, akhirnya muncul ide kreatif Nadiem untuk membuat aplikasi yang bisa membantu tukang ojek menemukan calon penumpang, atau sebaliknya penumpang yang langsung menemukan tukang ojek melalui bantuan teknologi.

Metode 4 (belajar dari bisnis orang lain)

Menemukan ide bisnis juga bisa dilakukan dengan mempelajari dan menganalisa masalah yang dikeluhkan oleh orang lain terkait dengan produk atau bisnis yang sudah berjalan.

Apalagi pada tahap ini, intensitas data termasuk masukan dari setiap pelanggan menjadi salah satu syarat. Jika masukan pelanggan dapat dianalisis dengan baik melalui rekomendasi langsung, email, obrolan, atau keluhan, maka tidak akan ada ide bisnis baru yang lebih populer di pasar.

Metode 5 (ikuti tren yang ada)

Metode selanjutnya untuk bisa menemukan sebuah ide bisnis adalah dengan memperhatikan trend yang sedang berkembang. Trend adalah sesuatu yang sedang dibicarakan oleh banyak orang saat ini dan kejadiannya berdasarkan fakta.

tren bisnis
tren bisnis

 

Anda bisa mengamati trend pada lingkungan sosial, politik atau lingkungan dan kemudian menjadikannya inspirasi memulai sebuah bisnis yang inovatif.

Contoh tipikal adalah tren politik saat ini dalam pemilihan lokal. Setidaknya, dengan rencana penyelenggaraan pilkada di berbagai daerah, kita bisa mencari ide bisnis yang kreatif dan inovatif untuk pemilihan kepala daerah. Jadi, bagaimana Anda membantu kampanye kandidat? Apakah itu layak?

Jadii munculkanlah ide itu SEKARANGG

Ide-ide kreatif dan inovatif cenderung keluar dari pola pikir normatif yang lumrah kita jumpai. Dalam proses menemukan ide bisnis yang kreatif, kita disarankan untuk berpikir di luar kotak (out of the box thinking).

Ide kreatif berbisnis
Ide kreatif berbisnis

Prinsipnya adalah mempertimbangkan hal-hal yang belum terpikirkan oleh orang lain! Jika Anda bisa melakukan ini di setiap tahapan dan menjadi sumber inspirasi ide bisnis di atas, Insya Allah Anda akan dengan mudah menemukan ide bisnis kreatif yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ingat, ide bisnis yang Anda ajukan harus bisa menjawab pertanyaan yang ada. Tanpa kemampuan untuk memecahkan masalah pelanggan, produk atau bisnis tidak akan berkembang secara baik.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *